0
Ciri-ciri Pohon Tengkawang (Shorea SPP) Salah Satu Maskot Kalbar (Kalimantan Barat) - Tengkawang (Shorea spp) adalah nama buah dan pohon dari genus Shorea yang buahnya menghasilkan minyak nabati. Pohon Tengkawang hanya terdapat di pulau Kalimantan dan sebagian kecil Sumatera. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Illepe Nut atau Borneo Tallow Nut. Pohon yang terdiri atas belasan spesies (13 diantaranya dilindungi dari kepunahan) ini menjadi maskot provinsi Kalimantan Barat. Tumbuhan ini hanya berbuah sekali dalam periode antara 3-7 tahun yang terjadi sekitar bulan Juni-Agustus.

Mungkin lantaran masa berbuahnya yang tidak setiap tahun inilah yang menyebabkan orang jarang yang membudidayakan tumbuhan ini yang menyebabkan tumbuhan ini masuk dalam kategori hampir punah.
Buah Tengkawang menghasilkan minyak lemak yang berharga tinggi. Minyak Tengkawang dihasilkan dari biji Tengkawang yang telah dijemur sampai kering kemudian ditumbuk dan diperas hingga keluar minyaknya.

Pada jaman dulu khususnya dikalimantan tengkawang dimanfaatkan sebagai pembuatan lilin, sabun, margarin, pelumas dan sebagainya. Akhir-akhir ini pohon Tengkawang semakin langka karena banyak yang ditebang untuk bahan bangunan, dan juga untuk bisnis (dijual dengan harga antara Rp. 300.000 hingga Rp. 600.000 per-batang). 


Berikut beberapa jenis Tengkawang:
  1. Shorea stenoptera, Tengkawang Tungkul
  2. Shorea mecystopteryx, Tengkawang Layar
  3. Shorea pinanga, Tengkawang Rambai
  4. Shorea semiris, Tengkawang Terendak
  5. Shorea beccariana, Tengkawang Tengkal
  6. Shorea micrantha, Tengkabang Bungkus
  7. Shorea palembanica, Tengkawang Majau
  8. Shorea lepidota, Tengkawang Gunung
  9. Shorea singkawang, Sengkawang Pinang
Sumber: Poerwalaksana, 23maret 2012

Post a Comment

Perhatian: Untuk memberikan komentar harap dengan sopan.

 
Top