0
Ciri-Ciri Burung Enggang Gading (Rhinoplax Vigil) - Enggang Gading adalah burung berukuran besar dari keluarga BucerotidaeBurung yang menjadi maskot Provinsi Kalimantan Barat ini adalah jenis fauna yang dilindungi undang-undang. Enggang adalah burung yang terdiri dari 57 spesies yang tersebar di Asia dan Afrika.

Dalam Budaya Suku Dayak Kalimantan Enggang Gading diwujudkan dalam bentuk sebuah ukiran.
Ciri-ciri Enggang Gading:
  • Hidup berkelompok (2 sampai 10)
  • Suara sangat khas dan nyaring
  • Musim bertelur dari bulan April-Juli 
Maraknya perburuan dan pengerusakan hutan di Pulau Borneo yang terus-menerus dilakukan, seperti penebangan hutan baik illegal logging maupun untuk dijadikan lahan perkebunan kelapa sawit dan sejenisnya yang bertentangan dengan pelestarian alam, serta perburuan yang dilakukan masyarakat sekitar. Menyebabkan Borneo kehilangan Hartanya.  Tafsiran harga mengenai harga burung Enggang Gading ini, dihargai dengan harga persatu kepala burung Enggang Rp. 2,5 juta. Karena harganya yang mahal banyak warga pedalaman berlomba berburu burung tersebut. 
Akhir kata Saya hanya ingin menambahkan sedikit mengenai nasib burung Enggang Gading ini, "Nasib burung enggang ini sekarang sama seperti nasib suku Dayak di borneo yang semakin terpinggirkan di tanahnya sendiri". 
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Post a Comment

Perhatian: Untuk memberikan komentar harap dengan sopan.

 
Top